Jumat, 22 Februari 2013

IPM Adalah Garda Terdepan Gerakan Pelajar Indonesia

Kuntum Padang – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sumatera Barat diharapkan menjadi pelopor, pelangsung sekaligus penyempurna amal usaha Muhammadiyah. “Mereka (IPM, red) ini kan kader, tentu mereka harus dipersiapkan. Di Muhammadiyah itu ada organisasi otonom. Tidak saja di tingkat pelajar, tapi juga mahasiswa, dan pemuda,” terang Wakil Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar, Mirwan Pulungan usai pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-18 IPM Sumbar 2010-2012 di Gedung RRI Padang, kemarin (24/12).
Mirwan mengatakan, kader Muhammadiyah tidak bisa lahir begitu saja, tapi harus dipersiapkan. Salah satunya melalui IPM tersebut. “Dari merekalah kita berharap. Tidak saja pelajarnya, tapi juga mahasiswa dan pemuda Muhammadiyah,” ujar Ketua Pengurus Koperasi Syariah (KS) BMT At Taqwa Muhammadiyah Sumbar itu.
Jenjang kepemimpinan di Muhammadiyah itu berkesinambungan. Mereka yang masuk ke Muhammadiyah pada gilirannya berasal dari semua tingkatan, mulai dari tingkat ranting, cabang hingga tingkat wilayah.
“IPM diharapkan menjadi garda terdepan untuk memberi penyuluhan-penyuluhan bagi anggotanya. Minimal IPM mampu memfilterisasi anggotanya agar tidak terpengaruh bahaya tawuran pelajar, narkoba, miras dan lain sebagainya,” harapnya.
Ketua Umum Pimpinan Pusat IPM periode 2012-2014, Ipmawan Fida Afif mengharapkan regenerasi dari IPM, generasi yang bisa mengawal isu-isu di pelajar. Setidaknya mampu mengawal pelajar tidak terjerumus pada hal-hal negatif seperti narkoba dan tawuran pelajar. Di samping pentingnya mendapat prestasi di jenjang pendidikan. (dzar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar