Rabu, 20 Februari 2013

Tips meningkatkan nafsu belajar

    (Kuntum) - Memiliki keinginan untuk selalu memiliki semangat belajar adalah sesuatu yang hebat. Apalagi baru saja mengikuti ujian semester.
    Motivasi bisa muncul dari diri sendiri dengan melakukan beberapa hal berikut.
    Pertama, menentukan cita-cita yang baik. Kemudian dalam keseharian dihubungkan dengan cita-cita yang diinginkan. Tentunya untuk mencapai cita-cita yang baik harus rajin belajar.
    Kedua, membuat target nilai yang tinggi. Setiap belajar kita coba pertanyakan bagaimana harus belajar untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Tentu jawabanya belajar dengan tekun.
    Mengingat keinginan setiap hari, khususnya ketika sedang belajar. Kita bisa membuat daftar-daftar keinginan baik yang lain. Caranya:
    Pertama, berteman dengan teman-teman yang suka belajar. Jika teman-teman suka belajar pastinya kita bisa lebih nyaman belajar. Bahkan ketika sedang kurang bersemangat, dapat menjadi bersemangat, kerena teman-teman yang sedang memiliki semangat belajar.
    Kedua, mendekatkan diri dengan orang-orang yang memberi dukungan. Dengan orang tua atau keluarga yang selalu mendukung pastinya akan memberi semangat tersendiri. Selain orang tua misalnya kita dapat bergaul dengan kakak kelas atau bapak/ibu guru yang suka memberikan motivasi.
    Intinya mencari hal-hal yang dapat menjadikan semangat atau memiliki motivasi untuk belajar. Harapanya yaitu jika motivasi dari diri sendiri sangat kuat, dengan lingkungan apa pun kita dapat selalu semangat belajar.
Editor : Anom Prihantoro
 Sumber : http://www.kuntum.net/2012/07/tips-meningkatkan-nafsu-belajar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar